Membuat KML File untuk WEBGIS dengan ArcGIS


oleh Bayu Yanuargi

KML (Keyhole Markup Language) adalah XML file yang digunakan untuk menampilkan data geografi pada "Earth Browser" seperti Google Earth atau Map Web based seperti maps.google.com, here.com, openstreet dsb. Pada awalnya KML ini di ciptakan oleh Keyhole.inc yang dibeli oleh google pada tahun 2004. KML menjadi standard Internasional pada "Open Geospatial Consortium" pada tahun 2008. Seperti halnya data spasial yang memiliki attribute atau informasi, KML juga berisi data attribute yang akan dapat menampilkan setiap informasi yang dikandung di dalamnya.

Pada tutorial kali ini akan di bahas tentang bagaimana kita mempersiapkan KML File untuk membangun sebuah WEBGIS. Tentunya kita tidak akan melakukan coding XML karena terlalu rumit, tapi kita akan langsung ekspor Shapefile menjadi KML menggunakan ArcGIS guna ditampilkan dalam WEBGIS kita.
Untuk memulainya, silahkan download data shapefile yang saya lampirkan sebagai bahan latihan (download). 


Silahkan buka ArcMap dan add data shapefile yang ingin dirubah menjadi KML. Setelah terbuka maka kita akan lakukan convertion menggunakan ArcToolbox --> Conversion Tool --> To KML, seperti gambar di bawah ini.

KML untuk WEBGIS


Seperti pada gambar di atas, Layer adalah nama shapefile yang akan di convert menjadi KML dan jangan lupa tentukan lokasi folder penyimpanan hasil konversi. Setelah proses selesai, maka kita akan mendapatkan file KMZ. File KMZ ini bisa langsung digunakan jika kita menggunakan Google earth tools, tapi karena kita akan menggunakan untuk HERE Map API's maka kita harus merubahnya menjadi KML.

Untuk merubah KMZ menjadi KML sangatlah mudah, kita cukup menggunakan WinZIP untuk merubahnya. KMZ sebenarnya adalah fungsi compressing data KML. Jika anda pengguna pertama KMZ, maka silahkan klik kanan pada KMZ filenya lalu "Open With" cari program WinZip di komputer anda.



Di dalam winzip kita akan melihat "doc.kml", itulah file "KML" yang akan kita gunakan, silahkan ekstrak file tersebut kedalam komputer anda dan jika perlu "rename" file tersebut menjadi nama lain yang anda sukai.

Kita sudah selesai melakukan konversi, mudah bukan. Jika anda ingin menggunakan file KML tersebut untuk WEBGIS anda harus upload file tersebut ke hosting anda, atau anda bisa menggungakan dropbox sebagai hosting anda, seperti yang akan saya lakukan.

Jika KML sudah siap, maka anda sudah siap untuk langkah selanjutnya dalam membuat WEBGIS menggunakan KML sebagai datanya. Pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan HERE MAP API's untuk membuat WEBGIS.

Jika anda belum memahami bagaimana memulai WEBGIS dengan HERE MAP API's silahkan pelajari postingan berikut Membangun WebGIS dengan HERE Maps API's

Demikian pembuatan KML dengan ArcGIS untuk membuat WEBGIS menggunakan KML.


No comments:

Post a Comment