Membuat Peta Kontur Menggunakan Data SRTM dan QGIS



Oleh : Bayu Yanuargi


Peta kontur adalah peta yang memuat data garis yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian / altitude yang sama, biasanya akan mengacu pada permukaan laut sebagai titik Nol (Tidak selalu). Kenapa dikatakan tidak selalu, karena pada beberapa pengukuran detil, terutama untuk perencanaan detil konstruksi akan menggunakan titik nol dari pilar BM yang ada di sekitar lokasi sehingga akan mudah untuk menentukan dan mengkoreksi ketinggian atau kemiringan konstruksi. Pada kempatan ini saya akan membahas bagaimana membuat data kontour menggunakan data SRTM yang dapat diambil secara GRATISSSSS....horeee..... (Seneng kalo gratis), menggunakan software pemetaan yang juga GRATISSSSSS......(Seneng lagi)



Baiklah pertama-tama saya akan membahas tentang data SRTM, yaitu Shuttle Radar Topography Mission yang merupakan misi dari NASA untuk memetakan topography di seluruh dunia dengan menggunakan pencitraan data satelite yang diluncurkan pada tahun 2000. Tapi karena cakupan wilayah yang luas maka resolusi atau skala yang dihasilkan cukup kecil dengan contour interval hanya 90 meter.  

Kita tidak akan berlama - lama membahas tentang SRTM, kita akan langsung pada bagaimana kita bisa mendapatkan data SRTM tersebut. Untuk itu anda dapat mendownload data secara gratis melalui link berikut ini http://srtm.csi.cgiar.org/SELECTION/inputCoord.asp 

E


Pada peta yang akan tampil, silahkan masukkan koordinat lokasi data yang ingin di download atau klik pada Grid pada peta untuk mudahnya.


Setelah lokasi berhasil dipilih klik pada "Click Here to begin search" dan hasilnya akan keluar, download menggunakan http downloader link. Kita akan memperoleh file dalam bentuk winzip, extract file tersebut pada folder yang telah anda tentukan.


Kita sudah mendapatkan data SRTM dalam bentuk raster, sekarang kita akan menggunakan QGIS untuk mengubah data SRTM tersebut menjadi data kontur dalam bentuk vektor (Shapefile).


Jika anda belum memiliki software QGIS, silahkan download secara gratis (tidak perlu crack) pada link berikut ini https://www.qgis.org/id/site/forusers/download.html lalu lakukan instalasi dari hasil download. Lalu buka QGIS desktop yang telah berhasil terinstall.

Pada Browse Panel silahkan menuju pada folder dimana data SRTM di extract, lalu pilih file SRTM dengan ekstensi .tif sehingga data SRTM akan muncul pada display windows seperti gambar di bawah ini.



Kita sudah berhasil menampilkan data SRTM dalam bentuk raster kedalam QGIS desktop kita. Sekarang kita akan membuat peta kontur berdasarkan data SRTM tersebut, untuk kita perlu mengaktifkan plugin yang bernama GdalTool.

Gdaltool biasanya akan langsung terinstall saat kita melakukan install QGIS, untuk mengaktifkan tool tersebut silahkan klik pada tabs "PLUGIN --> Manage and Install Plugin"




Jika belum ada, silahkan klik "Not Installed" dan cari GdalTools dari list tersebut lalu klik install.

Untuk memulai proses pembuatan kontur, maka kita akan menggunakan plugin GdalTools yang sudah aktif yang ada dalam tabs raster. Raster --> Extraction --> Contour






pada gambar di atas maka tentukan lokasi output data dan Interval kontur yang diinginkan, pada contoh di atas saya menggunakan contour interval 10 meter yang artinya kontur akan digambar per 10 meter ketinggian. Selain itu perlu centang Attribute name agar data vektor yang akan dihasilkan akan memiliki attribute elevasi (ketinggian). Hasil dari proses pembuatan kontur akan seperti gambar di bawah ini.






Demikian, akhirnya kita dapat shapefile contour untuk dapat kita gunakan pada analisis selanjutnya, terima kasih, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan comment di bawah ini.

No comments:

Post a Comment