Citra Satelit Landsat dan Bagaimana Mendapatkannya Secara Gratis

Landsat Gratis

oleh Bayu yanuargi

Program ini dulunya disebut Earth Resources Observation Satellites Program ketika dimulai tahun 1966, namun diubah menjadi Landsat pada tahun 1975. Tahun 1979,Presidential Directive 54 di bawah Presiden AS Jimmy Carter mengalihkan operasi Landsat dari NASA ke NOAA, merekomendasikan pengembangan sistem operasional jangka panjang dengan 4 satelit tambahan, serta merekomendasikan transisi swastanisasi Landsat. Ini terjadi tahun 1985 ketika EOSAT, rekan Hughes Aircraft dan RCA, dipilih oleh NOAA untuk mengoperasikan sistem Landsat dalam kontrak 10 tahun. EOSAT mengoperasikan Landsat 4 and 5, memiliki hak ekslusif untuk memasarkan data Landsat, serta mengembangkan Landsat 6 dan 7.
Tahun 1992, berbagai upaya dilakukan untuk mengucurkan dana untuk operasi lanjutan Landsat, namun pada akhir tahun EOSAT mengentikan pengolahan data Landsar. Landsat 6 diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 1993, namun mengalami kegagalan peluncuran. NASA akhirnya meluncurkan Landsat 7 pada tanggal 15 April 1999.
  • Landsat 1 (mulanya dinamakan Earth Resources Technology Satellite 1) - diluncurkan 23 Juli 1972, operasi berakhir tahun 1978
  • Landsat 2 - diluncurkan 22 Januari 1975, berakhir 1981
  • Landsat 3 - diluncurkan 5 Maret 1978, berakhir 1983
  • Landsat 4 - diluncurkan 16 Juli 1982, berakhir 1993
  • Landsat 5 - diluncurkan 1 Maret 1984, berakhir 2012
  • Landsat 6 - diluncurkan 5 Oktober 1993, gagal mencapai orbit
  • Landsat 7 - diluncurkan 15 April 1999, masih berfungsi
  • Landsat 8 - diluncurkan 11 Februari 2013, masih berfungsi
USGS (United States Geological Survey) adalah Lembaga ilmiah yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mempelajari Lansekap, Sumberdaya Alam dan Bencana Alam di Amerika Serikat. 

Landsat Program adalah salah satu program dari USGS dan NASA, dimana USGS memiliki team yang memberikan input secara teknis maupun secara keilmuan terkait dengan aplikasi dan penggunaan Landsat dalam ilmu pengetahuan. Untuk Itulah USGS memiliki hak atas arsip Landsat yang telah digunakan dan USGS bisa mendistribusikan secara gratis kepada pengguna di seluruh dunia (dengan ketentuan dan persyarata tertentu).

Dalam kesempatan kali ini akan kami bahas tentang bagaimana cara mendapatkan Citra Satelit Landsat secara gratis dari USGS. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan menuju ke link berikut ini http://earthexplorer.usgs.gov/  Silahkan klik register untuk mendapatkan account dan access. Silahkan check email untuk konfirmasi pendaftaran, jika sudah konfirmasi, silahkan klik link earth explorer di atas untuk memulai pencarian datanya.Sehingga akan muncul seperti gambar di bawah ;

Landsat Gratis

Untuk melakukan pencarian maka silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Klik pada Path/Row --> Polygon
  2. Pemilihan Polygon di atas adalah untuk menandai Area of interest (AOI) atau area yang mau di request.
  3. Clik 4 titik pada peta untuk membuat polygon AOI
  4. Tentukan tanggal citra satelite yang mau di request
  5. Klik Data Set
Landsat Gratis

Selanjutnya akan diarahkan ke halaman dataset untuk memilih jenis data yang akan kita reques. Pada halaman ini anda dapat merequest banyak jenis data citra satelit, termasuk data DEM (Digital Elevation Model). Silahkan pilih data yang diinginkan, kemudian click Result.

Landsat Gratis

Hasil result nya akan seperti gambar di bawah ini :

Landsat Gratis

Klik pada gambar kaki untuk mengetahui area jangkauan dari scene Citra yang ada seperti gambar di bawah ini.

Landsat Gratis

Setelah yakin dengan AOI yang akan di request maka silahkan Klik tombol Download lalu pilih Level 1 Product :

Landsat Gratis

Landsat Gratis

Lalu simpan hasil download di folder anda, demikian cara download citra satelit gratis dari USGS, selamat mencoba.





No comments:

Post a Comment