GIS Data Sharing Dengan ArcGIS Online




Oleh Bayu Yanuargi, SSi

   Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas tentang ArcGIS.com sebagai alternative membuat WEBGIS. Pada postingan saat ini, saya akan membahas fungsi untama dari ArcGIS.com sebagai hosting (Server) dalam sharing data spatial secara real dan berbasis WEB. 
    Data spatial yang akan kita sharing tentunya bisa dilihat dan dimodifikasi / update oleh orang-orang yang kita kasih akses atau kalau kita orang yang royal, kita bisa membuka akses kepada orang seluruh dunia untuk mengakses dan edit data kita, silahkan dipilih.



   Sebenarnya secara fungsi, ArcGIS.com ini memiliki fungsi yang sama dengan ArcGIS Server yaitu sebagai sarana sharing data secara internal maupun eksternal. Internal artinya di dalam group melalui jaringan local dan eksternal di dalam/luar group menggunakan jaringan internet (web).


    Dengan sharing menggunakan ArcGis online, kita tidak hanya bisa melihat/menampilkan data saja, tapi kita juga bisa meminta kolega kita atau klien kita untuk melakukan update di berbagai belahan dunia. Jika kita memiliki klien katakanlah di Amerika, sedangkan posisi kita ada di Jakarta, maka kita tinggal memberi akses pada mereka ke dalam Group ArcGIS.com kita untuk melihat, memodifikasi dan memberi masukan secara langsung, sehingga kita tidak perlu terbang kesana yang pasti akan sangat mahal.


    Baik, untuk bisa mengikuti tutorial ini anda harus membuat account di http://ArcGIS.com dengan gratis. Silahkan ikuti saja langkah register nya atau silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya tentang Penggunaan ArcGIS.com Dalam GIS.


    Setelah selesai melakukan register, silahkan membuat group yang nantinya akan berisi anggota team yang berhak untuk melihat atau mengedit data yang kita sharing. Untuk membuat group, silahkan klik pada menu group, masukkan semua informasi, nama, deskripsi, tag, dst.




    Setelah group berhasil dibuat, silahkan masukkan nama kolega kita yang akan kita undang dalam group kita. Kolega atau teman tersebut juga harus sudah melakukan registrasi ke dalam ArcGIS.com.



     Setelah registrasi dan pembuatan group selesai dilakukan, sekarang kita akan melakukan data publishing dengan menggunakan ArcMAP yang kita miliki. Silahkan buka ArcMap anda dan juga buka data spasial yang akan digunakan. Dalam kesempatan kali ini saya akan mensharing Data Sejarah kejadian Tsunami di Indonesia yang pernah saya gunakan dalam sebuah project beberapa waktu yang lalu, seperti pada gambar di bawah ini.

Data di atas adalah data kejadian tsunami dari tahun 1800 an sampai 2000 an yang di simbolisasi berdasarkan jumlah korban meninggal. Sebelum kita melakukan sharing, kita harus lebih dahulu sign in kedalam ArcGIS.com di dalam ArcMap kita, silahkan buka File --> Sign In




 Untuk melakukan sharing, silahkan klik pada File --> Share As --> Map package.




Untuk form "Item Description" wajib diisi, jika tidak, akan menimbulkan pesan error dan data kita tidak bisa dishare atau dipublish.


Setelah melakukan setting pada item description, selanjutnya kita melnentukan apakah data akan kita sharing ke public atau hanya pada group yang sudah kita buat sebelumnya. Dalam kesempatan ini kita akan menggunakan group yang telah kita buat tadi.



Jika sudah selesai, maka klik "share" pada pojok kiri atas, maka data kita akan disharing ke ArcGIS online. Tunggu hingga selesai, jika sudah selesai silahkan cek di ArcGIS.com dan data anda sudah berhasil tersharing dan anda bisa meminta teman, kolega atau klien anda untuk melihat, mendownload, mengedit dan sebagainya terhadap file tersebut.



Untuk proses sharing pada gambar di atas harus kita pastikan lagi di ArcGIS.com apakah sudah berhasil atau belum, pada ArcGIS.com klik pada MyContent (Konten Saya). Jika status ini Tidak Dibagikan (not shared) seperti gambar di bawah, maka proses sharing dapat dilakukan langsung di ArcGIS.com


Klik pada file yang telah dishare pada ArcGIS.com, hingga muncul gambar di bawah ini, lalu klik bagikan.



Untuk melakukan editing pada data yang sudah disharing, silahkan buka new ArcMAP, lalu klik pada File --> ArcGIS Online untuk membuka file pada ArcMap.



Silahkan open data dan lakukan editing biasa menggunakan Editor tools, dalam kasus ini saya akan menambahkan Fake Data di Lautan Hindia dengan jumlah kematian 160000 sekian. Hasil penambahan data tersebut lalu simpan dan stop editing sehingga muncul data baru. 

Untuk melakukan Update data yang telah dimodifikasi, silahkan klik File --> Share As --> Map Packages seperti yang telah kita lakukan sebelumnya.

Yang harus dicatat adalah bahwa nama file hasil modifikasi harus sama dengan file yang lama tidak boleh sekali lagi TIDAK BOLEH merubah namanya. Jika mau memberi tanda versi silahkan di masukkan pada Item Description.

Selamat mencoba, jika bermanfaat silahkan di share dan di like. Matur nuwun



No comments:

Post a Comment